Pemasaran Online bab 4

  1. Pengertian media sosial 


 Pemasaran dalam lingkungan terhubung dan menggunakan konektivitas itu telah menjadi media pendukung terbaik dalam pemasaran online. Sementara Internet dan World Wide Web telah memungkinkan apa yang kita sebut sebagai media baru, teori-teori yang mengarah pada perkembangan internet telah berkembang sejak tahun 1950-an.
 https://www.facebook.com , https://www.twitter.com , http://www.linkedin.com , https://plus.google.com , http://www.pinterest.com .
 Media sosial yang telah berkembang pesat dengan munculnya Facebook, Twitter, Linkln, Pinterest dan Google+ kini menjadi alat marketing dan peningkatan merek dangang (branding) yang sangat efektif. Interaksi 2 arah yang hangat dan natural merupakan kelebihan Media Social dibandingkan media promosi lainnya.
 Mengelola Media Social membutuhkan waktu, tenaga dan keahlian.  Banyak perusahaan juga tidak mempunyai cukup waktu atau sumber daya untuk mengelola Media Sosial mereka.Jenis-jenis Media Social :
 - Facebook    - Google     dan masih banyak lagi.
 - Twitter        - You tube
Sosial Media adalah sebuah media online, dimana para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial termasukfacebook, LinkedIn dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan sosial media sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran isi dalam media social yang dapat dilakukan oleh para pengguna terdaftar (user-generated content)".
Media sosial berbeda dari media industri/tradisional dalam banyak hal, termasuk kualitas, jangkauan, frekuensi, kegunaan, kedekatan, dan keabadian. Ada banyak efek yang berasal dari penggunaan internet. Menurut Nielsen, pengguna internet terus menghabiskan lebih banyak waktu dengan website media sosial daripada jenis website lainnya. Pada saat yang sama, total waktu yang dihabiskan untuk mengakses media sosial melalui PC dan perangkat mobile di Amerika Serikat meningkat sebesar 37 persen menjadi 121 miliar menit pada Juli 2012 dibandingkan dengan 88 miliar menit pada bulan Juli 2011. Untuk kontributor konten, manfaat berpartisipasi dalam media sosial telah melampaui berbagai komunitas sosial untuk membangun reputasi dan peluang karir serta pendapatan keuangan, seperti yang dibahas dalam jurnal manajemen yang di tulis oleh Tang, Gu, dan Whinston (2012).
Website yang paling tidak memungkinkan transfer informasi dari satu ke yang lain, kesenjangan informasi yang tersedia, masalah dengan kepercayaan dan keandalan dari informasi yang disajikan, konsentrasi, kepemilikan konten media, dan makna interaksi yang diciptakan oleh media sosial. Namun, ia juga berpendapat bahwa media sosial memiliki efek positif seperti memungkinkan demokratisasi internet sementara juga memungkinkan individu untuk mengiklankan diri mereka sendiri dan membentuk persahabatan.
Beberapa Sosial Media lain yang dapat anda amati fitur dan cara kerjanya:
  • tumblr            
  • vk
  • flickr
  • instagram
  • devianART
  • myspace
  • cafemom
  • TANGGED
  • meetup
  • Livejournal 
  • yelp 
  2. Pemanfaatan Viral Mrketing

 Viral marketing (Pemasaran Viral), biasa dianggap sebagai iklan virus, atau pemberitahuan spontan (buzz) tentang pemasaran dan merupakan istilah-istilah yang mengacu pada teknik pemasaran yang menggunakan layanan jejaring sosial yang sudah ada dan teknologi lainnya untuk menghasilkan peningkatan kesadaran merek atau untuk mencapai tujuan pemasaran lainnya (seperti penjualan produk) melalui proses virus mereplikasi diri, pemasaran viral ini sering dianalogikan dengan penyebaran virus atau virus komputer (melalui internet dan jaringan lokal) yang terutama dikenali oleh sebagian besar antivirus yang dikenal juga sebagai pendeteksi akses halaman web (web phising).Viral marketing dapat berupa klip video, game interaktif Flash, advergames, ebooks, software brandable, gambar, pesan teks, pesan surat elektronik, atau halaman web.

Istilah "VRL marketing" juga telah digunakan untuk merujuk kepada pengertian yang merendahkan kampanye pemasaran, seperti penggunaan yang tidak bermoral (stealth astroturfing) secara online dikombinasikan dengan iklan undermarket [memerlukan klarifikasi] di pusat perbelanjaan untuk menciptakan kesan kata-kata spontan secara antusias.
Tujuan utama dari pemasar adalah menarik perhatian pelanggan dalam menciptakan program viral marketing yang sukses adalah untuk membuat pesan viral yang menarik bagi individu dengan potensi jaringan sosial potensial (JSP) dan yang memiliki probabilitas tinggi yang disajikan dan disebarkan oleh orang-orang dan pesaing mereka dalam komunikasi mereka dengan orang lain dalam waktu singkat.
Pemasaran Viral dilakukan dengan cara menyebarkan informasi melalui pemanfaatan database pengguna Internet dengan status ‘free’ (gratis) yang telah terdaftar dan digunakan secara massal. Contoh yang dapat diambil adalah website surat elektronik gratis seperti Yahoo!, Hotmail, dan GMail, yang selain memberikan pelayanan email gratis, juga memberikan berbagai penawaran produk bersamaan dengan layanan email tersebut.
Penyebaran informasi/pemasaran viral melalui penyebaran e-book gratis, akan tetapi menyelipkan beberapa link bisnis di dalamnya.
Pemasaran viral adalah suatu bentuk strategi pemasaran modern yang menjanjikan ketenaran produk yang dipasarkan, dengan melihat tingginya animo masyarakat yang selalu terhubung koneksi internet untuk mengakses
Jadi yang penting ! kita perhatikan adalah tidak tepat ‘pernyataan’ yang mengatakan, bahwa; “gratis” atau “free” setiap file yang kita download adalah benar-benar tanpa biaya, karena adanya sisipan iklan ‘menggoda’ didalamnya; Yang dikatagorikan sebagai “Virus” atau “phishing” yang akan mempengaruhi sikap anda terhadap iklan tersebut.
fitur-fitur gratis (yang sebenarnya telah diselipkan berbagai macam link yang menjadi terapan dari pemasaran viral).  Seperti yang disampaikan professors Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, dengan mengenal tiga bagian berikut ;
  1. Penyampai Pesan: Ada tiga tipe tertentu dari utusan yang diperlukan untuk memastikan transformasi pesan biasa yang dikenali sebagai sebuah virus: para ahli pasar, hub sosial, dan penjual. Para ahli pasar sebagai individu yang terus-menerus ‘melakukan menyampaikan informasi' mengenai (informasi khusus tentang produk yang dipasarkan), mereka biasanya melakukan pengiriman pesan ke berbagai jejaring sosial yang mereka kelola atau mereka sebagai anggota grup dari jejaring social tersebut. Hubungan sosial antara orang-orang dengan kelompok hubungan sosial yang sangat besar, mereka sering berhubungan dengan ratusan atau bahkan ribuan orang yang berbeda dan memiliki kemampuan untuk melayani sebagai konektor atau jembatan antara subkultur yang berbeda. Jaringan pemasaran mungkin diperlukan oleh para penerima pesan dari para ahli pasar, memperkuat informasi yang disampaikan dengan membuatnya menjadi lebih relevan dan persuasif, kemudian mengirimkannya ke jejaring sosial untuk distribusikan lebih lanjut. Para pakar pasar mungkin dapat melakukan penyampaian pesan yang sangat tidak meyakinkan dalam pengiriman informasi.
  2. Pesan: Hanya pesan yang mudah diingat dan cukup menarik untuk dapat diteruskan kepada orang lain yang memiliki potensi untuk memacu fenomena viral marketing. Membuat pesan lebih berkesan dan menarik atau hanya lebih menyebar, seringkali bukan soal perubahan besar tapi sedikit penyesuaian tentang gaya informasi yang lebih layak untuk dapat disampaikan pada area jejaring social yang lebih dikenali karakteristiknya dengan gaya pesan tertentu.
  3. Lingkungan: Lingkungan sangat penting dalam kebangkitan viral marketing yang sukses, perubahan kecil dalam memimpin lingkungan untuk dapat memperoleh hasil yang besar, dan orang-orang yang jauh lebih sensitif terhadap lingkungan. Waktu dan konteks peluncuran kampanye pesan dapat disampaikan dengan benar.
Berbagai media yang sering dilibatkan dan dimanfaatkan oleh Viral marketing, antara lain sebagai berikut;
a) layanan partisipasi pelanggan dan polling;
b) kontribusi organisasi-Industri khusus;
c) mesin pencari internet dan blog;
d) integrasi smartphone Ponsel;
e) beberapa bentuk cetak dan pemasaran langsung;
f) layanan web target pemasaran;
g) Search engine optimization (SEO);
h) Sosial media optimasi (SMO);
i) televisi dan radio;

Target Pemasaran Viral didasarkan pada 3 prinsip penting antara lain :
 a) Berkumpulnya profil dalam media sosial.
b) Kedekatan analisis pasar.
c) Analisis Real-time ketepatan kata kunci.

  3. Macam-macam pemasaran melalui media sosial (facebook, linkedin, twitter, pinterst)

Facebook adalah sebuah platform khusus yang populer digunakan untuk hiburan maupun bisnis. Ada begitu banyak orang yang menghabiskan sejumlah besar waktu pada platform Facebook untuk berkomunikasi dengan orang-orang.Facebook dapat dijadikan sebagai strategi efektif untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di web. Iklan di jaringan sosial telah menjadi lebih mudah dengan menggunaka Facebook.

Facebook layak dianggap sebagai platform terbaik untuk memasarkan bisnis. Anda harus membuat strategi pemasaran Facebook yang terkalkulasi, dieksekusi dengan baik, dan tepat. Rencana pemasaran semacam ini membantu Anda untuk mencapai keberhasilan yang lebih dan lebih untuk bisnis Anda. Secara harfiah Facebook merupakan alat yang luar biasa untuk bisnis Anda. Untuk mulai dengan pemasaran melalui Facebook, Anda harus langsung terhubung dengan klien melalui Facebook. Semakin Anda terhubung dengan klien, makin kuat relasi Anda. Pada saat yang sama Anda harus ingat bahwa pemasaran dengan Facebook bukanlah pengganti dari setiap alat pemasaran lain yang telah Anda gunakan sejauh ini.

Setiap perusahaan baru harus menciptakan strategi pemasaran sendiri, seperti halnya dengan pemasaran melalui Facebook yang harus dilakukannya sendiri. Pada awalnya, banyak pemilik usaha cenderung mengabaikan komponen ini. Tapi dengan tidak memiliki Halaman Bisnis, atau tidak memiliki strategi pemasaran dengan benar, maka akan menjadi kesalahan besar. Kehadiran korporat yang berbicara tentang siapa Anda dan kemana saja Anda menuju. Itulah sebabnya ketika Anda memulai bisnis, kehadiran Anda dan merek dagang Anda merupakan hal yang akan dicari pelanggan Anda.

 Anda perlu memiliki kehadiran sosial media yang signifikan, klien potensial Anda sudah menggunakan media sosial. Buatlah Halaman Bisnis Facebook yang berbicara tentang semua hal-hal besar yang dilakukan perusahaan Anda. Anda menginginkan mereka mengunjungi website Anda dan halaman facebook Anda.
Setelah pengunjung Anda mulai mengikuti Anda baik pada Halaman Bisnis Anda Facebook dan di website Anda, maka Anda akan memiliki hasil. Mereka ingin lebih banyak interaksi dengan Anda, dan ketika mereka melakukannya, Anda akan dapat menyajikan produk-produk Anda kepada mereka. Anda perlu mengetahui pengunjung halaman Anda dan kemungkinan mereka akan membalas Anda dengan kesetiaan mereka. Beri mereka alasan untuk mengunjungi Halaman Bisnis Facebook Anda dan website perusahaan Anda dan Anda akan terkejut melihat betapa banyak yang menjadi penggemar setia dan klien. Ketika mereka melihat bahwa Anda tahu apa yang dibutuhkan mereka, mereka akan mengakui Anda sebagai seorang pemimpin. Proses untuk membuat Halaman Bisnis Facebook agak berbeda dari yang kebanyakan orang ikuti untuk membuat halaman Facebook masing-masing.Ada langkah-langkah yang diuraikan di Facebook. Di dalam Facebook Anda akan memiliki kesempatan untuk memutuskan apa jenis halaman Facebook yang ingin Anda buat. Halaman Facebook Anda sendiri yang menyajikan semua tentang Anda, dan berisi informasi tentang bisnis Anda. Halaman bisnis semata-mata fokus pada bisnis Anda, serta produk dan jasa yang Anda tawarkan. Berikan informasi rinci sebanyak mungkin sehingga pengunjung ke halaman Bisnis Facebook Anda akan memiliki pengetahuan dari apa yang perusahaan Anda tawarkan. Selalu bijaksana untuk menggambarkan bagian-bagian tertentu dari produk Anda dan bagaimana Anda dapat membantu pengunjung halaman bisnis facebook Anda. Dengan menampilkan kualitas gambar yang baik tentang produk Anda, akan meningkatkan pengalaman pengunjung Anda dan biarkan mereka memvisualisasikan perusahaan Anda dan layanan yang Anda berikan. Juga sediakan bagi mereka cara untuk menghubungi Anda sehingga mereka dapat belajar tentang penawaran terbaru.
Anda pasti dapat memanfaatkan Halaman Bisnis Anda, dan mengubah pengunjung menjadi penggemar fanatik. Pastikan Anda memiliki pesan yang jelas. Pastikan bahwa informasi tentang Anda, telah ditampilkan sejelas mungkin dan bahwa Anda mempu memberikan nilai tambah sehingga pengunjung Anda akan ingin berinteraksi dengan Anda. Jika Anda dapat memberikan informasi yang mereka inginkan, Anda dapat yakin bahwa mereka akan ingin mengikuti Anda. Anda harus selalu berusaha untuk memberikan citra dan konten profesional. Jadi memulai Halaman Bisnis Facebook merupakan cara yang baik untuk bisnis Anda. Dalam beberapa tahun terakhir ini jaringan sosial telah berkembang menjadi lebih dari satu miliar pengguna. Bayangkan potensi ini untuk bisnis Anda. Anda akan dapat memperluas platform saat Anda dan memanfaatkan kekuatan Facebook. Jangan biarkan strategi ini pergi. Anda dapat memiliki halaman pribadi dan bisnis yang terpisah di Facebook yang tidak berhubungan dengan profil pribadi Anda, atau Anda dapat menghubungkan halaman bisnis Anda ke halaman pribadi. Hal ini merupakan pilihan Anda. Namun yang penulis sarankan adalah informasi tentang Anda lebih baik terhubung dan dapat dikenal, sehingga hal ini merupakan nilai tambah, bahwa Anda adalah seorang pebisnis professional yang tidak bersembunyi dibelakang bisnis yang tidak jelas pemilik atau pengusahanya.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :
1) Gunakan tab customized, ketika Anda membuat halaman bisnis Anda di Facebook, Anda dapat melihat bahwa halaman bisnis dilengkapi dengan sejumlah tab yang dapat disesuaikan. Anda akan menemukan area posting (wall) antara tab di mana Anda dapat menempatkan komentar dan posting. Ada juga tab Info dimana Anda dapat menempatkan informasi umum tentang bisnis Anda. Selain itu Facebook juga memiliki tab selamat datang yang dapat menyertakan link ke segala 94 Direktorat Pembinaan SMK (2013) macam produk serta layanan dan isi dalam jumlah besar. Jadi, Anda dapat menggunakan semua tab ini untuk bisnis Anda.
2) Tujuan dari halaman bisnis: Anda harus selalu memahami persis mengapa Anda membuat halaman bisnis dan tujuan utamanya. Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan pemasaran bisnis Anda. Hal ini sangat berguna karena target pasar Anda akan memiliki reaksi yang sangat positif dalam penggunaan Facebook untuk bisnis Anda.
3) Mengubah urutan tab Facebook: Anda harus mengatur urutan tab Facebook Anda untuk membuatnya logis dalam pandangan para calon pelanggan. Jika Anda memiliki lebih dari satu halaman bisnis, sangat penting untuk memiliki urutan tab Facebook yang berbeda untuk halaman yang berbeda.
4) Konsistensi dalam posting konten: Anda juga harus menjaga konsistensi dalam posting isi halaman bisnis Anda. Jika Anda membuat halaman dan menampilkan tentang hal yang sama maka halaman tersebut tidak akan menghasilkan apa-apa. Anda harus sering login dan memperhatikan tampilan dan fitur-fitur platform, dan penting untuk diperhatikan bahwa Anda perlu berkomitmen mengenai kehadiran Anda di media sosial ini.
5) Tetapkan tujuan yang realistis. Jangan berharap untuk mendapatkan ribuan penggemar dalam bulan pertama Anda, tetapi berpikirlah realistis dengan puluhan atau ratusan dahulu, yang penting mulai dulu dari yang kecil untuk pencapaian yang besar di masa mendatang. Apabila kemudian Anda mendapatkan hasil diluar ekpektasi Anda, syukurilah, Anda berarti sudah berada di jalur yang tepat.
6) Luangkan sedikit waktu Anda: Cobalah untuk menyisihkan waktu Anda, paling tidak satu jam sehari untuk update posting facebook tentang bisnis Anda dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan penggemar.
7) Pelajari sebanyak yang Anda mampu. Ambil catatan berdasarkan pengalaman Anda dengan halaman Facebook dan layanan bisnis lainnya, tulislah pertanyaan tentang hal-hal yang Anda tidak mengerti sehingga Anda dapat membuat catatan untuk dapat Anda lihat jika nanti diperlukan. Anda dapat mencari banyak informasi dengan search engine google, yahoo atau bing atau dapat juga bertanya pada yang sudah paham tentang facebook marketing. 8) Mulailah dengan anggaran kecil: Anda dapat memulai melakukan iklan tes kecil untuk melihat seperti apa hasilnya dengan pengeluaran yang dibayarkan untuk iklannya, efektif atau tidak, dan kemudian Anda dapat meningkatkannya ketika Anda mengetahui mana demografi dan kata- kata kunci yang ingin Anda targetka dan dapat menghasilkan return of investment (ROI) yang bagus.
9) Buatlah halaman Fanpage bukan profil: Jangan membuat profil baru untuk bisnis Anda, karena itu menyalahi aturan, jadi buatlah halaman fanpage untuk bisnis Anda. Setelah Anda buat fanpage, undanglah semua teman-teman Anda agar menjadi fans pertama dari halaman facebook Anda.
10) Update status dengan yang keren-keren: Update-lah status facebook fanpage Anda dengan status keren dan cerdas yang dapat mendorong teman Anda untuk terlibat aktif dengan halaman bisnis Anda. Hal ini akan membuat status facebook Anda banyak yang memberikan respon (like). Sapa Fans Anda: Kirim ucapan terima kasih tepat setelah seseorang mengklik "Like" pada halaman Anda, dan usahakan menanggapi pesan dan postingan di dinding paling lama 24 Jam. Perhatikan baik-baik apa yang dilontarkan atau yang disarankan oleh fans halaman facebook bisnis Anda, dari sana Anda akan mebuat fanspage lebih aktif dan berkembang.
11) Jangan kirim spam: Orang-orang telah cukup banyak menerima spam di email atau Inbox mereka, dan pastinya akan sangat terganggu jika Anda ikut-ikutan mengirimkan pesan langsung ke inbox/email mereka. Jika ada sesuatu yang mau disampaikan, cukup tuliskan di status Anda.
12) Promo kupon diskon: Berikanlah kupon diskon untuk menarik peminat pembeli Anda, agar mereka berminat untuk membelinya / berlangganan di tempat Anda. Lakukan secara berkala agar pelanggan yang sudah ada tetap loyal dengan bisnis Anda. 13) Tawarkan membership: tawarkan membership atau keanggotaan dengan berbagai macam tawaran menarik jika menjadi anggota dan berlangganan di tempat Anda, yang tidak dapat didapatkan kalau hanya membeli putus saja, hal ini akan mempercepat perkembangan bisnis Anda menjadi lebih besar.


4. Pemasaran menggunakan Media Video

 Video merupakan tampilan yang paling menarik dan lebih mempengaruhi calon pelanggan daripada teks dan gambar diam. Oleh karena itu sangat disyarankan bahwa model pemasaran apapun yang telah Anda lakukan sebelumnya, menjadi sangat menjanjikan respon dari para calon pelanggan jika Anda mengemas/memproduksinya dalam bentuk vidio.
Membuat artikel video untuk pemasaran merupakan model yang sangat menjanjikan untuk melakukan pemasaran dan iklan melalui media internet yang dapat dibuat dalam durasi yang relatif singkat, sekitar 2-5 menit video tentang topic yang spesifik dengan menggunakan konten tentang artikel dan sumber teks yang lain. Kemudian video diupload ke berbagai situs video sharing seperti youtube untuk didistribusikan ke berbagai masyarakat, baik secara terbatas di jejaring social, maupun media social dan website atau blog dengan menyisipkan link ataupun embed (sisipan video).

Mengkonversi data teks dan gambar dapat dilakukan dengan beberapa cara untuk menjadikan artikel tersebut menjadi bentuk video. Cara yang paling tradisional adalah dengan membuat presentasi powerpoint dari artikel asli, yang pada dasarnya
mengubah teks artikel ke dalam slideshow animasi. Gambar yang relevan akan ditambahkan ke slide dan suara akan direkam selama setiap slide untuk menciptakan narasi voice-over untuk video. Akhirnya, presentasi direkam menggunakan software screen capture seperti Camtasia (yang sudah dapat dilakukan dengan instalasi plugin dalam Microsoft Powerpoint) dan slide yang sekarang berubah menjadi video yang dapat di-upload ke situs berbagi video seperti YouTube untuk berbagi dengan para calon pelanggan.

 Dapat juga kita lakukan dengan menggunakan software presentasi online (dengan syarat koneksi internet cukup bagus, antara 512kbps – 1024kbps), seperti terdapat dalam alamat http://www.powtoon.com yang memerlukan registrasi sebagai pengguna, atau dapat kita lakukan login dengan akun email ataupun akun facebook yang telah kita miliki sebelumnya. Atau dapat juga kita temukan dalam alamat-alamat lain yang menyediakan aplikasi online serupa.

Pemasaran menggunakan video merupakan perluasan model pemasaran tetapi berfungsi sebagai media alternatif bagi perusahaan atau lembaga untuk menyampaikan pesan mereka kepada masyarakat yang lebih luas, dan mendapatkan lebih banyak tanggapan. Menjadikan media audio visual, yang merubah artikel menjadi video dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membaca artikel tentang penyampaian pesan atau iklan. Beberapa perangkat lunak opensource/freeware yang dapat kita gunakan untuk mengolah video sebagai media pemasaran adalah sebagai berikut;

a) Avidemux (http://avidemux.sourceforge.net/download.html - win, linux)
b) Blender (http://www.blender.org/download// - linux, windows, mac)
c) Cinelerra (http://cinelerra.org/getting_cinelerra.php - linux )
d) Kdenlive (http://kdenlive.org/ - linux, mac)
e) Kino (http://www.kinodv.org/article/static/1 - linux)
f) OpenShot (http://www.openshot.org/download - linux)
g) VirtualDub (http://www.virtualdub.org/download.html)
h) Lightworks (http://www.lwks.com)
i) Pinnacle Videospin (http://videospin.en.softonic.com)
j) Windows Movie Maker (http://www.windows-movie-maker.org/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar