Pemasaran Online bab 6

1. Pengertian Pay per Click

Pay per Click atau Biaya per klik dalam bahasa Indonesia, merupakan sistem pengiklanan menggunakan media internet, dimana pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan yang ditampilkan pada halaman web.
Beberapa langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik yaitu.
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.
Langkah-langkah yang dilakukan oleh penyedia iklan biaya per klik(platform PPC) adalah.
a. Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan(pedoman editorial).
b. Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian(kata kunci) atau kriteria yang lain.
c. Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum pengiklan dan keterkatian/relevansi iklan yang meliputi klik per tayang(click-through rate [CTR]), salinan iklan, kata kunci dan halaman arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian.
URL(Uniform Resource Locator) yang ditampilkan (URL display) belum tentu URL yang pengguna akan klik dan menuju ke suatu halaman web (URL tujuan). URL display kadang-kadang juga disebut vanity URL. URL harus domain yang sama dengan URL tujuan.
Pedoman editorial dari Google AdWords.
a. Kepala(heading): maksimum 25 karakter.
b. Line 1: maksimum 35 karakter.
c. Baris 2: maksimum 35 karakter.
d. URL Tampilan: maksimum 35 karakter.
e. Tidak ada tanda seru berulang.
f. Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua.
g. Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakan.
h. Tidak ada klaim "terbaik", "nomor satu" atau superlatif dapat digunakan kecuali dapat diverifikasi oleh pihak ketiga.
i. Nomor produk dapat digunakan.
Sebuah iklan Facebook terdiri dari.
a. Judul (25 karakter maksimum), yang terkait dengan URL tujuan (atau Facebook destination).
b. Gambar (110 x 80 piksel).
c. Badan teks (135 karakter maksimum).
d. konteks sosial, yang memungkinkan pengguna lain untuk melihat iklan yang ditampilkan oleh teman kita.

2. Optimasi PPC

a. Memilih kata kunci yang tepat
1) Luas (Broad)
2) Frasa(Phrase)
3) Sama persis(Exact)
4) Negatif(Negative)
b. Bahasa dan lokasi iklan
c. Perilaku dan demografi
Menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut.
1) Jenis Kelamin
2) Lokasi
3) Status hubungan
4) Kelompok Umur
Anda juga dapat menargetkan berdasarkan.
1) Suka dan kepentingan
2) Interaksi dengan merek/produk
d. Menambah ekstensi advert
1) Perluasan lokasi
2) Sitelinks Iklan
3) Ekstensi Telepon
4) Ekstensi produk
5) Penjual ratings ekstensi
e. Penawaran dan peringkat
Lelang Vickrey adalah suatu jenis lelang dimana para penawar tidak saling mengetahui berapa besar jumlah yang ditawarkan.
Angka mutu ditentukan oleh faktor-faktor antara lain:
1) Relevansi kata kunci untuk istilah pencarian.
2) Relevansi salin iklan tersebut ke istilah pencarian.
3) Relevansi halaman website arahan dengan istilah pencarian.
4) Track Record CTR(clickthrough rates) iklan tersebut.
Nilai Skor kualitas dapat di peringkat sebagai berikut.
1) Bagus(8, 9, 10): Kata kunci sangat relevan dan QS tidak perlu perbaikan.
2) OK (5, 6, 7): Kata kunci relevan, tetapi masih bisa mendapatkan keuntungan dari QS tinggi.
3) Buruk (1, 2, 3, 4): Kata kunci ini tidak relevan dan QS perlu perbaikan.
f. Konversi dan harga klik-tayang
g. Website tujuan
h. Pelacakan

3. Menyiapkan Kampanye PPC 

a) Perencanaan
Anda perlu melakukan analisis online dan offline dari bisnis/produk yang akan ditawarkan, tujuan/target, demografi pelanggan, pesaing, dan cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H (what, when, where, who, why dan how).
b) Anggaran
Ketika  melaksanakan sebuah iklan PPC agar Anggaran dapat dihemat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu.
a) Jangan melakukan penawaran untuk berada di posisi teratas,
b) Pengaturan waktu
c) Pengaturan lokasi.
d) Kata Kunci

c) Memilih platform PPC 
d) Melakukan pengujian, pelacakan, pengukuran iklan 

4. Konsep Adwords  

Salah satu media periklanan yang disediakan oleh Google adalah Adwords.
a. Keuntungan beriklan dengan Google AdWords Hal penting yang membedakan AdWords dari jenis periklanan lainnya yaitu. 
1) Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat mereka menelusuri apa yang Anda tawarkan
internet. 
2) Kontrol anggaran 
3) Lihat dengan cermat apa yang berfungsi pada iklan Anda dan kembangkan
b. Cara kerja AdWords
1) Kata Kunci
Beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika memilih kata kunci untuk kampanye PPC. 
a) Buat grup iklan
b) Pilih kata kunci yang akan digunakan pelanggan untuk mendeskripsikan produk atau layanan dan kata kunci yang berkaitan satu sama lain.
2) Tempat iklan dapat ditampilkan
a) Website non penelusuran
b) Google Penelusuran dan website penelusuran lainnya
3) Peringkat Iklan
Peringkat Iklan adalah Cara Google menentukan iklan mana yang muncul dalam posisi seperti apa.
4) Penawaran dan Angka Mutu  
Dapat membantu meningkatkan Angka Mutu dengan cara.
a) Rasio klik-tayang (RKT) yang diharapkan dari kata kunci Anda.
b) RKT URL tayangan Anda sebelumnya.
c) Riwayat akun Anda
d) Mutu halaman website.
e) Kata kunci/relevansi iklan Anda.
f) Kata kunci/relevansi penelusuran.
g) Kinerja geografis.
h) Kinerja iklan Anda di suatu website.
i) Perangkat yang ditargetkan.
Yang dapat mempengaruhi Angka Mutu :
a) Kelayakan lelang iklan.
b) Biaya per klik (BPK) aktual kata kunci Anda.
c) Taksiran tawaran halaman pertama kata kunci Anda.
d) Taksiran tawaran halaman bagian atas kata kunci Anda.
e) Posisi iklan.
f) Kelayakan untuk ekstensi iklan dan format iklan lainnya.
c. Cara pembayaran AdWords
1) Pembayaran otomatis yaitu membayar setelah iklan berjalan
2) Pembayaran manual yaitu membayar sebelum iklan berjalan
3) Faktur bulanan yaitu membayar menggunakan batas kredit seperti pembayaran kartu kredit.
d. Cara biaya dihitung di AdWords
1) Frekuensi iklan Anda ditayangkan.
hanya untuk kampanye display network.
2) Setiap kali salah satu iklan Anda menerima klik.
3) Setiap kali orang-orang melakukan tindakan tertentu di website Anda setelah mengklik salah satu iklan Anda.
e. Alat pembayaran
f. Penagihan
Biaya iklan Anda setelah 30 hari penagihan otomatis terakhir atau setiap kali akun Anda mencapai jumlah yang telah ditetapkan sebelumnya yang dikenal sebagai ambang penagihan.
g. Iklan dan persetujuan
Berikut adalah beberapa contoh kebijakan website Google :
 1) Kurangnya konten unik pada website Andapengguna.
 2) Masalah teknis pada website Anda
 3) Pengalaman pengguna yang menyesatkan
Beberapa status persetujuan yaitu.
1) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan
2) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan dengan batasan.
3) Status yang dapat mencegah iklan Anda berjalan.

5. Menggunakan Adwords

a) Membuat website dengan Google Sites
Berikut ini cara membuat website baru.
1) Kunjungi www.google.com/sites.
2) Masuk dengan Akun Google Anda. Jika Anda tidak memiliki akun, klik Daftar ke Sites dan ikuti langkah-langkah untuk membuat Akun Google.
3) Klik tombol Buat website baru untuk memulai.
4) Namai website Anda. Setelah Anda memasukkan nama, URL akan dibuat secara otomatis dalam kotak. (Perhatikan: Saat Anda membuat akun AdWords, Anda harus memasukkan URL ini di langkah #2.)
5) Masukkan deskripsi singkat tentang website Anda (langkah ini opsional).
6) Di samping Bagikan dengan, pilih tombol Semua orang di dunia dapat melihat website ini, sehingga siapa pun dapat melihat website Anda.
7) Pilih tema website (tata letak website). Untuk melihat tema yang lain, klik Tema lainnya...
8) Klik Buat website.
b) Memulai penggunaan AdWords
1) Membuat akun
2) Membuat iklan pertama
3) Mengaktifkan akun

6. Aplikasi Pembuat Banner

6. Aplikasi Pembuat Banner

Banner adalah sebuah gambar atau animasi yang ditampilkan pada sebuah web untuk tujuan periklanan.
Untuk membuat banner anda dapat menggunakan aplikasi-aplikasi pengolah :
a) Paint.
b) GIMP.
c) Adobe Photoshop.
d) Coreldraw.
e) Macromedia Flash(banner animasi).
f) Gif Animator. Anda dapat pula menggunakan aplikasi pembuat banner online seperti pada www.bannersnack.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar